Selasa, 23 Oktober 2012

Mesin Mobil Injeksi Susah Hidup Atau Susah Start Kehadiran teknologi injeksi pada seluruh jajaran mobil anyar di tanah air merupakan perkembangan yang menggembirakan. Bagaimana tidak, dengan teknologi ini, mobil semakin bertenaga, irit dan minim perawatan. Sampai ada analogi, tinggal isi bensin dan ganti oli doang. Beberapa masalah muncul dan hal yang lebih spesifik pada kondisi mobil tetap bisa berputar saat kunci kontak dihidupkan tapi mesin tidak kunjung hidup. Kondisi seperti di atas menandakan aki dan motor starter masih dalam kondisi tokcer. Tetapi kenapa mesin juga enggan untuk hidup.Untuk mencari penyebabnya, ada dua kondisi yang bisa jadi patokan. Kedua kondisi itu adalah pada saat mesin dingin atau panas. Intinya, pada saat dingin mesin butuh bensin lebih banyak sehingga jalur bensin harus lancar tidak boleh mampat. Selain tidak boleh mampat, regulator untuk mengatur tekanan bensin baik yang berada di common rail atau di dalam pompa bensin atau fuel pump tidak boleh bocor sehingga tekanan bensin saat sebelum di kabutkan tidak berada di bawah tekanan standar. Kasus jika tekanan bensin berada di bawah standar saat mesin stater diperlukan beberapa kali stater mungkin 3 kali stater mesin bisa hidup. Artinya menunggu pompa bensin atau fuel pump mengisi common rail sampai tekanan standar. Kerusakan dalam hal ini adalah regulator fuel pump sudah rusak. Dan hal ini terjadi setiap mesin sehabis di matikan karena tekanan bensin langsung turun. Skema Kerja Common Rail, Bahan bakar yang telah di beri tekanan oleh supply pump disimpan di dalam common-rail sebelum didistribusikan ke injector-injektor. ECU (Electronic Control Unit) dan EDU (Electronic Driving Unit) mengontrol volume dan waktu injeksi bahan bakar ke tingkat yang optimal dengan cara mengoperasikan dan menutup injektor-injektor sesuai dengan sinyal-sinyal dari sensor-sensor. Proses ini serupa seperti pada system EFI yang digunakan pada mesin bensin. Injektor rusak pun bisa menjadi penyebab. Bagaimana membedakannya dengan saringan mampat? Bisa coba rasakan juga ketika mobil berjalan dan biasanya mesin akan ngelitik. Sedangkan dari sektor pengapian, ada satu hal yang bisa bikin sulit start. Salah satunya busi  perhatikan spesifikasi busi yang dipakai. Karena pemakaian busi dingin buat harian pun bisa memicu gejala ini. Sedangkan mesin susah start di kala panas kebanyakan dialami mesin injeksi yang agak lawas. Misalnya yang masih pakai distributor. Kondisi rotor dan tutup distributor renggang atau kotor bisa memperparah. Dan mendeteksinya tetap berkisar pada api dan bensin. Pada kasus yang khusus mesin injeksi susah hidup saat panas karena masalah jalur elektrikal biasanya saat mesin panas, motor cooling fan akan hidup begitu kunci kontak ON dan menunggu putaran kipas radiator berhenti untuk bisa hidup mesin.


Published with Blogger-droid v2.0.9

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar