Minggu, 11 Mei 2014

pemecahan masalah



KONDISI
KEMUNGKINAN PENYEBAB
CATATAN







Gas Buang (hydrocarbon  Monocxide / CO ) Berlebihan
Busi rusak

Kabel Busi kendur/ bocor

Ignition Coil /Igniter rusak

Kompresi lemah

Pencemaran Pada 3-Way Catalic Converter

Kerusakan Pada Sistem Emision Control

Tekanan Bahan Bakar di Luar spesifikasi

Sistem Close Loop (Feed Back A/F ) Bermasalah
  • TP Sensor rusak
  • ECT/ MAP Sensor lemah



Fuel Injector rusak

Kerusakan pada ECM

Temperatur Mesin tidak normal

Fliter Udara Tersumbat

Kebocoran Vacuum

System VVT rusak


Kandungan Nitrogen Oxides / NOx Berlebihan 



Kandungan Nitrogen Oxides / NOx Berlebihan 
Waktu Pengapioan yang tidak sesuai

Pencemaran pada Cataliytic Converter

Kerusakan pada Sistem EGR Valve (jika di lengkapi)

Tekanan bahan bakar di luar spesifikasi

Sistem Close Loop (Feed Back A/F ) Bermasalah
  • TP Sensor rusak
  • ECT/MAP Sensor Lemah



Fuel Injector rusak

Kerusakan pada ECM

Sistem VVT rusak




Terdapat berbagai variasi cara trouble shooting, semuanya dapat dilakukan.

Pemeriksaan bagian dari sistem yang ada di EMS baik bagian sensor maupun aktuator dapat dilakukan dengan alat, seperti multimeter digital, lampu test (LED), osiloskop, atau dengan scanner.  

 Catatan
  • Penggunaan multimeter analog dapat menimbulkan induksi diri dari kumparan dan dapat merusakkan bagian ECU/ECM.
  • Jangan menggunakan lampu tes  yang bukan LED, karena dapat merusakkan ECU.
  • Yang perlu diketahui adalah data yang terukur apa sudah sesuai dengan data teknis yang semestinya? Oleh karena itu perlu mengetahui data-data teknis yang semestinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar